Rabu, 28 September 2022

 

TUGAS 2





OLEH :
I KOMANG JULY ARTHA WIKA PUTRA GRIADHI
2202071015






PRODI D3 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
JURUSAN SENI DAN DESAIN
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNDIKSHA 2022










1 . BENDER 3D

Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika kumputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi,efek visual,model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan,simulasi fluida dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan perenderan.

di sini saya menggunakan Aplikasi Blender versi 3.2 ,

INTERFACE

sebelum kita lanjut, kita perlu mengetahui nama dan fungsi interface pada tampilan blender seperti  contoh gambar di bawah

✒ WORKSPACE

Workspace merupakan pilihan tataletak bidang kerja.

✒ INTERACTIVE MENU

Menu perintah untuk objek yang diseleksi.

✒TOOLBAR

Tools untuk menggerakkan,menggeser, merotasi, mengubah bentuk sebuah objek dan masih banyak lagi.

✒ SHADING

Untuk mengubah tampilan objek, terdapat 4 menu tampilan yakni wireframe,solid,material preview
dan rendered.

✒ SIDEBAR

Berisi  parameter umum untuk objek,tampilan viewport dan scene.

✒ PANEL PROPERTIES

Berisi parameter untuk kondisi ruangan dan objek dan masih banyak lagi.

✒ PLAYBACK

Untuk menjalankan animasi. 
🔆 Tampilan pertama pada Blender secara default akan ada 1 objek kubus

untuk menggerakkan objek, kita bisa menekan "Move tool" pada toolbar atau agar lebih mudah kita bisa menekan "G" pada keyboard

ketika kita menekan move tool maka akan muncul 3 sumbu dengan warna hijau,merah dan biru. fungsinya juga untuk menggerakan, tetapi gerakan sebuah objek akan terkunci pada salah satu sumbu saja, misal kita ingin menggerakkan hanya ke atas atau bawah tanpa ada perpindahan di sumbu X maupun Y maka kita tekan pada panah sumbu "Z" yang berwarna biru, begitu pula yang lainya. Nanun bagaimana sebaliknya? semisal kita ingin menggerakkan object pada sumbu x dan y saja? tanpa menggesernya pada sumbu z? mudah saja, kita hanya perlu menekan "shift + z" maka objek akan bebas kita gerakkan tanpa mengganggu sumbu z nya, begitu pula yang lainya.

MEMBUAT MODEL 3D

Di sini saya mengambil contoh object nyata dari monitor saya. langkah pertama kita perlu menentukan ukuran asli dari object yang akan kita buat  agar skalanya 1:1 ( sebenarnya bisa hanya dengan memperkirakan saja akan tetapi karena monitor saya kecil dan mudah untuk diukur, jadi saya memutuskan untuk mengukurnya)

kembali ke Blender, kita akan membuat panel, stand dan alas monitor secara terpisah, langkah pertama yakni klik panel Scene Properties, dalam kondisi default, ukuran object blender menggunakan satuan meter, untuk saat ini kita akan membuat object dengan satuan cetimeter, pada bagian length ubah dari meters ke centimeters

maka semua sisi kubus akan berubah satuanya menjadi cm

diamterer panel monitor adalah panjang 54 cm, Lebar 33 cm ,dan tebal 0,5 cm. Ubah ukuran dimensi kubus menjadi ukuran monitor tadi, X 54, Z 33, dan Y 0,5 maka hasilnya akan seperti ini

membuat tepian monitor, untuk mengubah dimensi sebuah object caranya adalah kita perlu masuk ke edit mode terlebih dahulu, agar mudah kita tinggal klik Tab pada keyboard, setelah itu klik ctrl + R untuk memotong sebuah object, lalu klik kiri sekali pada mouse dan arahkan garis potongan ke bagian yang akan dipotong, untuk membuat tepian atas, kanan dan kiri kita perlu memilih select mode ke Face terlebih dahulu, agar lebih mudah tekan 3 pada keyboard.

 ada 3 jenis select mode yakni 1 / Vertex, 2/ Edge, dan 3 / Face. ketiga select mode tersebut memiliki fungsinya masing masing yakni yang 1 digunakan untuk menyeleksi sebuah atau kumpulan vertex, yang ke 2 untuk menyeleksi edge atau tepian sebuah object dan Face digunakan untuk menyeleksi sisi sebuah object

setelah itu seleksi face bagian depan monitor lalu tekan " "atau Insert untuk mengubah ukuran sebuah face,berikan tepian tipis saja, setelah itu klik" I "lagi pada face tengan monitor dan dorong face agar sedikit masuk ke dalam 

seleksi face depan bagian tepi bawah monitor lalu tekan "E" atau extrude lalu dorong face sedikit ke depan

selanjutnya kita akan mambuat bagian kaki monitor, tekan Tab pada keyboard agar kita kembali ke object mode, setelah itu tekan shift + A lalu pada bagian mesh pilih cube untuk membuat object cube baru,agar tampilan fokus ke object yang diseleksi, klik " / " .

sama seperti tadi saya sudah memasukan dimensi kaki monitor sesuai dengan ukuran yang asli, setelah itu kita akan membuat lengkungan untuk sudut alas kaki monitornya, caranya adalah kita masuk kembali ke Edit Mode lalu tekan 2 untuk menyeleksi edge setelah itu seleksi semua sudut edge, caranya adalah dengan klik salah satu edge lalu tahan shift + edge lainya, setelah keempat edge terseleksi tekan ctrl + B atau Bevel, geser mouse untuk ukuran yang diinginkan dan scroll mouse untuk memperhalus lengkungan.

selanjutnya membuat lubang pada alas kaki monitor dengan menambahkan modifier booelan,kita perlu membuat object baru ,lalu sesuaikan bentuk object yang baru dengan lubang alas kaki monitor lalu atur posisinya seperti ini 

setelah itu seleksi object pertama dan tambahkan modifier booelan

setelah itu pada setingan add modifier, klik object lalu pilih cube.002 maka otomatis object 2 akan memotong object pertama,

namun jika kita gerakkan maka potongan akan menghilang, cara mengatasinya adalah dengan kembali ke object mode lalu pilih " V " di samping kamera dan klik apply, maka ketika kita hapus object 2, potonganya tetap di sana 

untuk membuat kakinya, kita perlu menambahkan object silinder

lalu bentuk sedemikian rupa agar seperti ini 

setelah itu gabungkan ketiga object tadi, untuk memuculkan object panel monitor, tekan kembali "/"
dan hasilnya seperti gambar di bawah

🔆MATERIAL

kini saatnya pemberian material. aktifkan viewport shading : material preview

seleksi salah satu object,di panel material properties klik tombol new

berikan warna hitam pada base color maka hasilnya akan seperti ini

untuk memberikan warna material object lainya dengan warna yang sama, caranya adalah dengan menyelksi object panel dan kaki monitor lalu yang terakhir adalah alas kaki monitor, (selalu seleksi terakhir object yang akan kita ikuti warna materialnya), setelah itu tengan ctrl + L dan klik Link Materialssaya akan menggunakan material gambar hasil dari screenshot dekstop saya

untuk memasukanya menjadi material pada object adalah seleksi face, lalu di panel material properties klik ikon "+" setelah muncul material baru, klik assign

pada opsi surface ganti ke emission dan klik titik pada color lalu pilih image texture namun hasilnya malah seperti ini, scale dan rotasi gambar tidak pas dengan face panel monitor.

cara mengatasinya adalah kita masuk ke workspace,UV editing maka layar akan terbagi 2.layar kiri UV editor ( untuk menempatkan teksture.Layar kanan 3D Viewport (untuk menyeleksi Sub object seperti  vertex,edge,dan face). Di layar kanan aktifkan kembali Viewport Shading : Material preview agar terlihat teksture bitmapnya.

Sesuaikan edge yang ada di UV Editor dengan mengubah skala dan rotasinya agar pas dengan layar monitor dengan mengubah skala dan rotasinya agar pas dengan layar monitor.

maka hasilnya akan seperti ini.

sekian tutorial kali ini, terimakasih!! 





2. MICROSOFT WORD

        Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

berikut adalah langkah langkah menggunakan Microsoft Word yang sudah dapat saya lakukan

1. Buka aplikasi microsoft word

ketika pertama kali membuka, maka akan keluar tampilan seperti gambar di atas,setelah itu klik pada bagian Blank Dokumen untuk membuat project baru. Kita juga bisa memilih template lain sesuai dengan keinginan kita.

2. Masukan text

pada kesempatan kali ini saya akan membuat sampul laporan,maka dari itu langkah selanjutnya adalah memasukan text sesuai dengan judul laporan yang ingin dibuat.


3.Mengatur format text

pada langkah ini gunakan font Times New Roman dengan ukuran 12.Posisi paragraf gunakan posisis center ( rata tengah ).

4.Memasukan Gambar

cara memasukan sebuah gambar ke dalam project adalah dengan mengklik 
insert - pictures - this device. Lalu ilih gambar yang ada di perangkat kita sesuai dengan yang kita butuakan.

5. Mengatur Jarak Spasi Antar Huruf

       untuk mengatur jarak spasi antar huruf kita dapat mengklik pada bagian Line And Paragraf Spaching dan memilih jarak sesuai kebutuhan kita, pada gambar di bawah saya memilih angka 1,5.

6. Mengatur Margin 
adapun pengaturan untuk mengatur tataletak kertas, gunakan menu layout kemudian klik Margins untuk mengatur ukuran tepi kertas dan menu size untuk memilih ukuran kertas.




3. MICROSOFT POWER POINT


Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

berikut adalah langkah langkah membuat sebuah persentasi sederhana menggunakan Microsoft Power Point

1. buka aplikasi Power Point

berikut merupakan tampilan awal aplikasi Power Point, untuk mulai mmebuat sebuah persentasi baru, klik pada panel "New" lalu pilih "blank persentation",jika mau kita juga bisa menggunakan berbagai macam desain lain yang tersedia di bawah 

2.Menambahkan dan mengubah text

setelah langkah pertama maka akan muncul tampilan seperti gmbar di bawah, arahkan kursor ke bagian text yang ingin diubah

pilih text yang akan diubah sesuai keinginnan, lalu pada menu bar pilih tab "Home" maka akan  muncul opsi seperti di bawah, fungsinya untuk mengatur jenis font,ukuran font, Tebal,Miring dll.

3. New slide
 untuk menambah slide atau membuat slide baru pilih pilih Home > New Slide.
klik pada menu layout, maka akan muncul tata letak yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS UJIAN AKHIR SMESTER BOOKLET nama : I Komang July Artha Wika Putra Griadhi NIM 2202071015 kilk di sini